Kualitas Menurun, 5 Makanan Ini Justru lebih Awet Jika Tidak Disimpan di Kulkas!

September 13, 2018 Chatarina Komala

Ilustrasi: www.whirlpoolindia.com

Kulkas menjadi satu solusi menyimpan makanan agar tidak cepat basi, busuk, atau kedaluarsa. Namun, rupanya ada lima makanan yang justru lebih awet jika disimpan di suhu ruangan.

Kita tahu, kulkas memiliki satu fungsi utama menyimpan dan melindungi makanan dari risiko busuk atau basi. Di sisi lain, beberapa makanan seperti dessert, buah, atau minuman tentu lebih nikmat jika disantap dalam kondisi dingin.

Sayangnya, tidak selamanya Anda boleh menyimpan makanan apa pun di dalam kulkas. Bagaimanapun, ada beberapa bahan makanan yang justru lebih baik disimpan di suhu ruangan, dengan tujuan menjaga keawetan dan cita rasanya. Bahkan, beberapa bahan lain seperti bawang justru berpotensi merusak kualitas makanan lain jika disimpan di dalam kulkas.

Lantas, apa saja bahan makanan yang tidak boleh disimpan di kulkas?

 

1. Roti

Anda mungkin berharap roti bisa lebih awet dan fresh saat menyimpannya di dalam kulkas. Namun, harus diingat--yang terjadi justru sebaliknya. Roti akan cepat kering, berpotensi basi, dan berjamur. Adapun satu-satunya cara agar roti lebih awet adalah dengan menyimpannya dalam plastik roti dan meletakkannya di suhu ruangan yang sejuk dan kering.

 

2. Bawang

Sudah disinggung di bagian awal, menyimpan jenis bawang di dalam kulkas hanya akan meningkatkan risiko kerusakan pada bahan makanan lainnya. Nah, alih-alih disimpan dalam kulkas, Anda bisa menempatkannya dalam wadah dan menyimpannya dalam ruangan yang sejuk.

 

3. Tomat

Mengonsumsi tomat segar yang masih dingin memang nikmat. Namun, menyimpannya dalam suhu dingin justru berpotensi menghilangkan rasa alaminya. Lebih baik, simpan tomat dalam suhu ruangan, ya.

 

4.  Kopi

Bubuk kopi sering kali jadi solusi untuk menghilangkan bau tidak sedap pada kulkas. Namun, dengan alasan yang sama, hindari menyimpan kopi dalam kulkas--apalagi jika kemasannya terbuka. Pasalnya, kopi mampu menyerap aroma makanan lain yang disimpan dalam kulkas. Sebagai gantinya, Anda bisa menyiapkan wadah tertutup untuk meletakkan bubuk kopi favorit.

 

5. Alpukat

Kalau tidak ingin mempercepat proses pematangannya, ada baiknya menyimpan alpukat di dalam kantong kertas. Cara lain, bisa dengan menyandingkan alpukat dengan buah lain seperti pisang.

Previous Article
Penggemar Telur, Cobain Ragam Menu Olahannya di 5 Restoran Berikut!
Penggemar Telur, Cobain Ragam Menu Olahannya di 5 Restoran Berikut!

Telur kaya akan protein yang bermanfaat bagi kesehatan. Nah, kalau bosan dengan cara mengolah yang itu-itu ...

Next Article
Butter Coffee, Sensasi Ngopi Baru yang Kaya Manfaat!
Butter Coffee, Sensasi Ngopi Baru yang Kaya Manfaat!

Minum kopi dengan campuran mentega mungkin bukan hal yang baru. Namun, tidak dapat dimungkiri--ada banyak m...

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More