Ketahui Kriteria Hewan Kurban yang Sehat

August 22, 2018 Chatarina Komala

Ilustrasi: www.tribunnews.com

Memasuki momentum Iduladha, jangan sembarang membeli hewan kurban, ya. Bagaimanapun, hewan kurban yang dipilih haruslah sehat dan memenuhi ciri-ciri berikut!

Iduladha tinggal menghitung jam. Apa yang sudah Anda persiapkan? Nah, satu hal yang tidak ketinggalan--bahkan wajib bagi umat Islam, adalah hewan kurban. Namun, jangan sampai salah dan sembarang membeli, ya. Bagaimanapun, hewan kurban yang dibeli haruslah berkualitas dan paling penting: sehat. Agar lebih yakin, yuk, ketahui beberapa ciri hewan kurban yang sehat!

 

1. Bersih

Kita tahu, kebersihan adalah sebagian dari iman. Pada hewan kurban, kebersihan menentukan kualitas dan kesehatannya. Beberapa ciri yang bisa Anda lihat, misalnya dari kondisi bulu yang bersih, bebas dari kotoran, mengilap, dan sempurna (mulus). Sebaliknya, bulu hewan yang “berdiri”, kasar, belum mulus/sempurna menandakan hewan tersebut tidak sehat atau bahkan masih muda.

 

2. Perhitungkan Usia Hewan

Usia hewan kurban tetaplah harus menjadi pertimbangan Anda sebelum membeli. Pasalnya, ada batas minimal usia hewan kurban, seperti sapi (2 tahun), kambing dan domba (1 tahun), dan unta (5 tahun).

Nah, kalau nggak bisa mengeceknya secara langsung lewat sertifikat atau akta kelahiran, Anda bisa mengetahuinya dari pergantian gigi seri bawah. Adanya pergantian gigi (tumbuh baru) sendiri menandakan hewan tersebut sudah berusia dua hingga tiga tahun.

 

3. Tidak Cacat

Aturan lain, sebelum membeli hewan kurban--pastikan yang Anda pilih tidak cacat atau pincang. Cacat di sini bisa berwujud banyak, seperti telinga yang sobek atau tanduk patah. Nah, kalau Anda menemukan hewan dengan kondisi ini, sebaiknya hindari saja atau bilang langsung ke penjualnya untuk ditunggu hingga sembuh dan jangan dijual.

 

4. Harus Berisi

Hewan kurban yang Anda beli tidak boleh kurus. Dengan kata lain, haruslah gemuk dan berisi. Namun, pastikan Anda tidak memilih hewan yang gemuk karena rekayasa, ya. Seperti halnya, sapi glonggongan.

Previous Article
Pengin Diet Efektif? Jangan Sampai Salah “Jam Makan”, Ya!
Pengin Diet Efektif? Jangan Sampai Salah “Jam Makan”, Ya!

Sudah diet ketat, tetapi nggak ada penurunan berat yang signifikan? Bisa jadi, salahnya ada di jam makan Anda.

Next Article
Makan Sehat di 6 Restoran Vegetarian Jakarta
Makan Sehat di 6 Restoran Vegetarian Jakarta

Kini, vegetarian Jakarta tidak perlu repot mencari makan. Pasalnya, ada banyak restoran khusus vegetarian y...

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More