Keripik Kentang Bikin Anda Ketagihan? Ini Alasannya!

August 14, 2018 Chatarina Komala

Ilustrasi: www.dynamitenews.com

Sekali mengunyah, tidak bisa berhenti. Siapa yang pernah seperti ini kalau sudah makan keripik kentang?

Sebagai camilan, keripik kentang memang jadi favorit banyak orang. Tekstur garing dan rasa yang gurih, bikin banyak orang tidak bisa berhenti mengunyah. Namun, tahukah Anda--rupanya bukan itu saja alasan yang membuat keripik kentang disukai, lho!

Adapun alasan utama dari hal ini, lantaran kandungan garam dan lemak dalam keripik kentang. Nah, sebagai informasi, garam inilah yang akhirnya memicu pelepasan dopamin dalam tubuh. Dopamin sendiri merupakan hormon yang mengontrol perasaan bahagia di otak. Baik, sih, untuk meningkatkan mood. Namun, jangan terlalu senang; sebab dalam hal makanan--hormon ini akan membuat otak “makan” lebih banyak! Wajar, kalau enggak bisa berhenti, kan?

Nah, untuk membuktikannya, sebuah penelitian yang dilakukan di Frontiers in Psychology juga menguji seekor tikus untuk memilih tiga makanan. Salah satunya, adalah keripik kentang. Ternyata, dari ketiga makanan yang disajikan, tikus juga memilih keripik kentang, lho!

  

Makanan dengan Garam dan Lemak

Ilustrasi: www.lifealth.com

Pengujian yang sama tidak hanya berlaku untuk keripik kentang, melainkan juga pasta. Berdasarkan pengujian kepada sejumlah peserta, penelitian yang sama menemukan--orang cenderung makan pasta lebih banyak dengan saus tinggi garam. Bahkan, jumlahnya mencapai 11 persen lebih banyak.

Sebaliknya, pengetahuan orang tentang kandungan lemak dalam makanan ternyata juga bisa membantu “menahan” nafsu, lho. Selain bikin makanan terasa lebih enak dan memuaskan, orang juga cenderung “berhenti” karena sadar seberapa banyak lemak yang ia konsumsi. Efeknya bahkan semakin kuat kalau Anda tergolong “sensitif” terhadap rasa lemak.

Previous Article
Tak Apa Mengonsumsi Makanan Beku, Asalkan...
Tak Apa Mengonsumsi Makanan Beku, Asalkan...

Konsumsi makanan beku cenderung dihindari lantaran dianggap punya banyak dampak buruk. Padahal, Anda tetap ...

Next Article
Nikmatnya Sate Sapi Pak Kempleng, Ungaran
Nikmatnya Sate Sapi Pak Kempleng, Ungaran

Apa yang terlintas dalam benak begitu mendengar sate?

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More