Jengkol Dapat Mencegah Kanker?

July 29, 2015 Rizka Hidayat

Photo credit: wikipedia.org

Hidangan yang hanya dapat ditemukan di Indonesia ini memang belum tentu disukai oleh banyak orang. Namun, apakah Anda tahu manfaat dari memakan Jengkol? Iya, Jengkol. Jengkol ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Penasaran? Kalau begitu, langsung saja kita bahas manfaat-manfaatnya.

1. Mencegah Anemia

Jengkol ternyata dapat membantu dan mencegah Anda terkena penyakit Anemia. Anemia sering kali disebut dengan julukan "kurang darah" dimana kondisi jumlah sel darah merah atau hemoglobin (protein pembawa oksigen) dalam sel darah merah berada di bawah normal. Sel darah merah ini memiliki fungsi untuk mengangkut oksiden dari paru-paru dan mengantarkannya ke seluruh bagian tubuh. Jadi, bisa Anda bayangkan betapa bermanfaatnya jengkol demi kelangsungan tersebarnya oksigen dalam tubuh kita.


2. Memperkuat Tulang dan Gigi

Selain dapat membantu mencegah Anemia, jengkol juga dapat memperkuat tulang dan gigi. Khususnya bagi orang-orang yang telah tergolong lansia, Anda dapat dengan rutin (tentu dengan dosis yang wajar) mengkonsumsi jengkol karena dapat mempertahankan proses pembentukkan tulang atau memperkuat tulang dan gigi kita. Hal tersebut dapat terjadi karena jengkol mengandung kalium dan fosfor yang merupakan 2 zat utama yang sangat dibutuhkan oleh tulang.


3. Basmi Radikal Bebas

Hingga saat ini belum ada orang yang dapat menemukan obat dari penyakit kanker. Namun, janganlah Anda khawatir karena ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mencegah penyakit fatal tersebut. Salah satunya adalah dengan menangkal zat-zat radikal bebas penyebab penyakit kanker. Kamu dapat melakukan hal tersebut dengan mengkonsumsi jengkol. dikarenakan jengkol mengandung beberapa jenis vitamin yang sangat bermanfaat bagi kelangsungan membasmi penyebab kanker seperti Vitamin A, Vitamin B, dan juga Vitamin C.


4. Mengatasi Penyakit Jantung Koroner

Selain dapat mencegah Anda dari terserang penyakit yang sangat berbahaya, yaitu Kanker, Anda juga akan mendapatkan manfaat untuk mengatasi penyakit jantung koroner dengan mengkonsumsi jengkol. Jengkol merupakan bahan makanan yang dapat membuat proses pembuangan urin menjadi lancar. Dan, terbukti bahwa pembuangan urin yang lancar merupakan pertanda baik untuk para penderita penyakit jantung.


5. Merampingkan Perut

Lain halnya dengan manfaat-manfaat sebelumnya, kali ini jengkol juga mengambil salah satu peran yang penting dalam kecantikan. Bagi peremuan, sangat penting untuk mempertahankan penampilan apalagi yang berhubungan dengan berat badan. Ada tips baru nih. Katanya, jika Anda mengkonsumsi jengkol, perut Anda akan terlihat lebih ramping karena jengkol memiliki kandungan serat yang termasuk tinggi sehingga dapat memudahkan Anda untuk BAB dengan lancar.


6. Mencegah Diabetes

Yang akan membuat Anda lebih terkagum lagi dengan jengkol adalah dengan kenyataannya yang mampu mengontrol kadar gula tubuh. Jadi, bagi Anda  yang memiliki keturunan diabetes, cegahlah dari sekarang sehingga tidak akan berujung ke situasi yang fatal. Anda dapat melakukan pencegahan tersebut dengan salah satu cara yaitu dengan mengkonsumsi buah jengkol. Namun, bagi Anda yang memiliki kerabat ataupun teman, Anda dapat menyarankan mereka untuk mengkonsumsi jengkol karena jengkol dapat bersifat mengontrol kadar gula darah yang terdapat pada tubuh. Dan hal tersebut merupakan peranan yang sangat penting bagi mereka yang menderita penyakit diabetes.

Previous Article
Makan dengan Nyaman, Yuk!
Makan dengan Nyaman, Yuk!

Saatnya makan di tempat yang bikin Anda betah duduk berlama-lama.

Next Article
Dendeng Balado dari Onde Mande
Dendeng Balado dari Onde Mande

Dendeng Balado super lezat dari Onde Mande. Hidangan khas Minangkabau yang menjadi makanan favorit semua or...

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More