Jajanan Sekolah Menteng

July 29, 2015 Rizka Hidayat

Apakah Anda ingat terakhir kali Anda makan jajanan sekolah yang dimana ketika bel istirahat berbunyi, Anda dan teman-teman langsung bergegas pergi ke luar pintu gerbang sekolah? Jajaran gerobak dengan berbagai jajanan langsung menyambut. Mulai dari pecel bakwan, siomay, bakso, telur gulung, hingga gulali, semuanya ada. Yang lebih mengasyikan, Anda dapat menikmati itu semua tanpa harus merogoh kocek lebih dalam.  

Kali ini, Grivy akan membahas jajanan sekolahan di Sekolah Theresia yang terletak persis di Jalan Lombok, Menteng. Saking banyaknya jajanan sekolahan yang enak dan murah, banyak orang yang sengaja datang ke  sekolah Theresia hanya untuk mencicipi jajanannya.

Jika Anda belum pernah mencoba jajanan sekolahan Menteng yang sangat populer itu, berikut beberapa gambaran  jajanan yang patut Anda coba ketika sempat mampir ke sekolah Theresia.

 

1. Rambut Nenek

Photo credit: The Gastronomy Aficionado

Tenang saja, ini bukanlah rambut nenek-nenek yang kemudian dimasak dan dihidangkan. Namun, rambut nenek adalah julukan dari gula pasir yang dipanaskan kemudian di-"suwir" sehingga berbentuk seperti rambut nenek-nenek. Jajanan ini juga biasanya disajikan dengan cara diapit dengan 2 potong wafer berwarna merah muda.

 

2. Kue Lekker

Photo credit: The Gastronomy Aficionado

Yang sering kali menyantap crepes di mall-mall, Indonesia juga memiliki kue sejenis crepe juga lho! Namanya adalah kue Lekker. Kue lekker juga dapat Anda pesan dengan perpaduan banyak rasa seperti rasa stroberi, pisang, susu coklat kental manis dan masih banyak lagi.


3. Lumpia Semarang

Photo credit: The Gastronomy Aficionado

Kalau Anda belum pernah mencicipi hidangan yang berasal dari Semarang ini, Anda wajib ke Sekolah Theresia secepatnya. Lumpia Semarang ini sangatlah laris di jejeran jajanan sekolahan yang ada di Menteng tersebut. Hidangan tersebut pun biasa disajikan komplit beserta cabai rawit, dan acar. Yummilicious!


4. Kue Rangi

Photo credit: The Gastronomy Aficionado

Kue rangi adalah jajanan khas jakarta yang akhir-akhir ini sudah sedikit lebih susah untuk menemukannya. Tapi, Anda dapat menemukan jajanan tersebut di antara jajanan sekolahan lainnya di Sekolah Theresia, Menteng. Kue Rangi adalah kue yang terbuat dari bahan dasar parutan kelapa yang dipanggang dan kemudian diberikan topping gula merah. Simple, but heavenly!

 

5. Mie Ayam & Bakso

Photo credit: The Gastronomy Aficionado

Jajanan lain yang dapat Anda temukan di jejeran jajanan sekolahan Menteng adalah Mie Ayam dan juga Bakso. Walaupun memang tidak susah untuk menemukan abang-abang yang menjual kedua jajanan ini, namun belum tentu seenak mie ayam dan bakso di Sekolah Theresia. ;)

Previous Article
Dendeng Balado dari Onde Mande
Dendeng Balado dari Onde Mande

Dendeng Balado super lezat dari Onde Mande. Hidangan khas Minangkabau yang menjadi makanan favorit semua or...

Next Article
Sajian Bercita Rasa Barat
Sajian Bercita Rasa Barat

Icip-icip makanan barat di tempat yang asyik.

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More