Jajan Es di Kota Bogor Yuk

January 30, 2015 Oktavia Arief

Jalan ke kota Bogor yuk, ada jajanan apa aja sih? Walaupun Bogor terkenal dengan kota yang sejuk, ga ada salahnya kan kalau kita coba minuman segar. Banyak banget lho minuman yang bisa kita nikmati disini.

 

Es Pala

Photo Credit: dream.co.id

Kota hujan Bogor ada minuman khas yang kita semua mesti coba, namanya es pala. Buah pala memang asalnya dari Maluku, tetapi rupanya banyak tumbuh di Kota Bogor. Pala bukan cuma buat rempah-rempah guys tetapi bisa juga untuk manisan lho. Nah di Bogor ini, pala dijadikan sebagai minuman segar. Bahannya pun sederhana, hanya menggunakan buah pala tentunya, gula pasir dan secuil garam. Banyak juga lho manfaatnya, apa aja ya? Nah, kalo kamu lagi mual, pala bisa untuk meredakan mual kamu, cocok ya buat yang lagi ngandung atau masuk angin. Bagi kamu yang insomnia, pala juga bisa membantu membuat tidur kamu nyenyak. Apa lagi hayoo…bagi yang datang bulan, bisa ngurangin rasa nyeri nih. Wah..banyak juga ya manfaatnya..enak lagi!

 

Es Mangga

Photo credit: yummytraveler

Varian lain yang dijadikan minuman segar adalah es mangga. Mangga bukan hanya dimakan sebagai buah dan manisan aja guys, dijadikan es juga bisa. Biasanya penjual es pala juga suka jual es mangga. Sama sih seperti es pala, buah mangga yang diiris dan dicampur dengan air gula dan sedikit garam, dalam sekejap bisa dijadikan minuman segar. Rasanya pasti ngademin perut dan tenggorokan banget nih di siang bolong. Ide bagus juga kalau es mangga ini dicampur dengan es pala. Kalian tau kan rasa mangga muda gimana..apalagi setelah dicampur es. Rasanya….hmm….asem-asem segerrrr gimanaaaa gitu.

 

Es Sekoteng

Photo credit: Tempat Pariwisata Indonesia

Photo credit: tempat berwisata murah

Pada tau sekoteng kan? Biasanya sekoteng disajikan hangat dimalam hari. Tapi di Bogor Permai, tepatnya di pertigaan Jl. Sawo Jajar ada lho guys yang jual es sekoteng di siang hari. Yup..bahannya pun sama dengan sekoteng pada umumnya tapi ditambah es serut. Es sekoteng pun di sajikan di mangkok yang tidak terlalu besar. Isinya ada campuran alpukat yang lembut, pacar cina yang kenyal, daging kelapa muda dan es serut. Ngga ada yang kalahin deh segernya.

 

Es Duren

Photo credit: common wikimedia

Saat kamu jalan ke kota Bogor, kita gampang banget nemuin gerobak yang jual es duren di pinggir jalan. Di jalan Surya Kencana, ada es duren yang nggak kalah enak. Satu gelasnya cuma Rp. 7.000. Bagi kamu yang suka duren harus bgt dicicipi. Daging buah durennya tebal, teksturnya lembut dan benar-benar maknyus rasanya. Ternyata duren yang dipakai harus pintar dipilih lho, ga boleh terlalu matang juga, karena akan sulit diproses dan dijadikan es. Jadi kalau mampir ke kota Bogor, harus cobain es duren ya.

 

Es Bir Kotjok

Photo credit: tom-kuu.blogspot.com

Bir itu memang identik dengan alkohol. Tapi jangan khawatir, Bir Kotjok asli Bogor ini tidak sama sekali mengandung alkohol. Kalo Jakarta punya Bir Pletok, Bogor ada Bir Kotjok alias kocok. Kenapa namanya bir kocok? Karena penyajiannya memang secara di kocok. Konon ceritanya, minuman ini adalah minuman yang wajib diminum oleh pengantin, yang bertujuan untuk mengembalikan stamina. Bir Kotjok ini disajikan di botol-botol besar yang bisa dijual langsung atau dijual per gelas. Campurannya dari bahan jahe, kayu manis, gula aren, kapulaga dan cengkeh. Sehat banget deh. Rasa hangatnya bukan cuma di tenggorokan tapi sampai ke perut. Yuk mari di srupuuut.

Previous Article
Tempat Hangout Asik di Bintaro. Ada Apa Aja Sih?
Tempat Hangout Asik di Bintaro. Ada Apa Aja Sih?

Bosen kan ke Mall? Nongkrong aja ke Bintaro yuk. Banyak tempat nongkrong enak disini. Ada apa aja sih? Chec...

Next Article
Kue Cubit Green Tea & Kit-Kat Sekarang Ada Di Jakarta!
Kue Cubit Green Tea & Kit-Kat Sekarang Ada Di Jakarta!

Kue Cubit Green Tea (Matcha) & Kit-Kat ada di Jakarta. Tepatnya di Restoran Suntiang yang terletak di Pondo...

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More