Hidangan Tradisi Natal dari Berbagai Negara

December 23, 2015 Elfida

Makanan-makanan di bawah ini merupakan tradisi saat perayaan Natal di negaranya masing-masing. (Sumber: Spoon University)

 

1. Makanan Laut

Di Itali, makanan tradisi pada saat perayaan Natal ternyata adalah seafood alias makanan laut. Hidangan di meja ketika makan malam melulu soal ikan dan makanan laut lainnya. 

 

2. Bebek & Mulled Wine

Hidangan tradisi saat Natal ala bangsa Jerman adalah roasted duck dan banyak glühwein atau mulled wine. Apa itu mulled wine? Yaitu, jenis minuman yang terbuat dari red wine dan campuran bumbu-bumbu yang biasa dipakai dalam resep minuman seperti apple cider, yang dibuat kala musim dingin dingin dan gugur dengan tujuan untuk menghangatkan badan. Di malam Natal, orang Jerman biasa mengonsumsi salad kentang khas jerman dengan saus. 

 

3. Nasi Biryani & Manisan

Meski Natal bukanlah perayaan yang dominan di India, tetap ada sajian khas yang selalu muncul saat hari besar tersebut. nasi Briyani yang kaya rempah, dinikmati dengan daging dan sayuran adalah bintang utama. Meski begitu, manisan tak boleh ketinggalan untuk dihidangkan. Manisan Natal atau Kuswar wajib ada, menemani bebinca atau puding berlayer yang berasal dari daerah Goa, juga kue kering berbentuk bunga mawar.

 

4. Sup Ayam & Lumpia

Sup ayam adalah hidangan Natal paling digemari di Vietnam, selain spring roll atau lumpia versi Vietnam yang lebih ringan dibanding dari China. Untuk semakin melengkapi perayaan Natal di sana, dibuat juga hidangan klasik ala Perancis, yaitu buche de Noel atau yule log cake atau versi Indonesianya adalah bolu gulung.

 

5. Jepang

Menurut smithsonianmag.com, orang Jepang tergila-gila pada KFC saat Natal! Hal ini berlangsung sejak kampanye pemasaran mereka yang sukses besar tahun 1974, yang mempopulerkan idiom, "Kurisumasu ni wa kentakkii" yang berarti Kentucky untuk Natal. Konon, pihak merek fast food tersebut menangkap tren setelah mendapati orang asing banyak yang mencari ayam goreng karena tidak bisa mendapati menu kalkun di restoran mana pun saat Natal di sana. Tercatat, angka penjualan KFC saat Natal memang lebih tinggi dibanding hari-hari lain.

b

 

Previous Article
Ngopi di Bawah Pohon Rindang
Ngopi di Bawah Pohon Rindang

Sebuah kedai kopi bernuansa hijau hadir di Jakarta Selatan!

Next Article
Sambut Tahun Baru di Coffee Shop JUARA 2015
Sambut Tahun Baru di Coffee Shop JUARA 2015

Apresiasi atas usaha mengkopikan Indonesia!

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More