Hidangan Khas Lebaran

July 15, 2015 Rizka Hidayat

Lebaran sudah tinggal menghitung jam. Apakah kamu sudah mempersiapkan hidangan makanan yang khas dan selalu hadir ketika lebaran tiba? Seperti Ketupat Sayur, Opor Ayam, Rendang dan masih banyak lagi. Mari kita intip yuk apa saja yang selalu hadir ketika pada saat lebaran dan yang anehnya selalu digemari oleh semua orang.

 

1. Ketupat

Photo credit: cara.media

Ketupat adalah hal yang wajib, kudu, harus hadir pada saat lebaran. Hidangan ini merupakan bahan dasar yang dapat mendampingi hidangan-hidangan lain yang kamu persiapkan. Karena terlalu sering ditemukan pada saat lebaran, ketupat pun selalu diidentikan dengan berbagai desain ucapan lebaran. Selain itu, lebaran juga terkadang kerap disebut dengan "Hari Ketupat".

 

2. Opor Ayam

Photo credit: www.royco.co.id

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, jika kamu sudah mempersiapkan ketupat, kamu dapat dengan mudah menyajikan hidangan lainnya seperti Opor Ayam misalnya. Opor Ayam, atau mungkin sebagian orang mengenalnya dengan sebutan Kari Putih, merupakan salah satu hidangan favorit orang Indonesia ketika tiba pada hari perayaan setelah satu bulan berpuasa. Bisa dikatakan, sebanyak apapun hidangan yang kamu sajikan, kamu wajib menyajikan opor ayam walaupun hanya dalam jumlah yang sedikit.


3. Rendang

Photo credit: masteresep.com

Jika tidak ingin makan ketupat didampingi dengan hidangan yang berkuah seperti Opor Ayam, kamu dapat mendampinginya dengan Rendang yang dimasak kering. Membayangkannya saja sudah dapat merasakan kelezatan bumbu santan dengan rasa pedas dan gurih hidangan tersebut. Jadi, jika kamu mengadakan Open House, dimana kamu membuka pintu rumahmu lebar-lebar agar orang dapat bersilaturahmi, Rendang merupakan salah satu hidangan yang harus kamu persiapkan.


4. Semur Daging

Photo credit: en.wikipedia.org

Hidangan yang biasanya ada ketika kamu memesan nasi uduk, terkadang dapat ditemukan pada saat lebaran. Kenapa? Mungkin Semur menjadi bahan back-up sekiranya ketupat, opor ayam dan rendang sudah habis disantap. Karena biasanya open house atau halal bihalal dapat berlangsung berhari-hari. Oh iya, hati-hati ketukar antara kentang dengan jengkol ya.


5. Sambal Goreng Ati

Photo credit: caramembuat123.blogspot.com

Sedikit berbeda dengan hidangan-hidangan yang jelas tertera diatas, kalau makanan yang satu ini merupakan sampingan atau side dish yang selalu harus hadir ketika lebaran. Iya, itu adalah sambal goreng ati. Agar hidangan yang kamu sajikan memiliki rasa yang meriah, kamu tentu harus menyajikan hidangan yang satu ini.

 

SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1436

Previous Article
Restoran Romantis untuk Anniversary
Restoran Romantis untuk Anniversary

Butuh inspirasi mencari tempat untuk merayakan Anniversary di Jakarta? Ada BANYAK.

Next Article
Keripik Kentang Dengan Rasa ANEH
Keripik Kentang Dengan Rasa ANEH

Ternyata ada juga loh camilan keripik kentang yang hadir dengan rasa aneh. Termasuk rasa minuman soda! Mau ...

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More