Hal yang dapat dilakukan di hari Valentine: Mencicipi jajanan Indonesia yang uuueeeenak!

February 12, 2015 Rizka Hidayat

Untuk kamu yang hingga saat ini masih gak tahu mau ngajak pacar kamu kemana dan dompet pun sudah tipis karena telah dihabiskan untuk bayar cicilan rumah, jangan khawatir. Karena kali ini kita akan membahas tentang alternatif lain untuk mengajak pacar kamu ngedate di hari valentine. Jangan jadikan Hari Valentine sebagai ajang pamer, antara teman-temanmu, siapa yang makan di resto termahal di Jakarta. Everything is all about creating good moments. Kalau kamu pintar membuat pacar kamu nyaman saat ngedate, makan dimanapun tidak akan jadi masalah. Nah, kalau gitu, kenapa kamu ga ngajak pacar kamu untuk ngedate di jalanan. Weits… Tenang.. bukan sembarang jalanan loh. Maksudnya, kamu bisa ngajak pacar kamu untuk mencoba jajanan (street food) terkenal di Indonesia yang belum tentu pernah kamu coba semua. Langsung aja yuk kita lihat jajanan apa saja yang bisa kamu dan pacar kamu coba.

1. Cireng

Photo credit: Foodspotting

Jajanan yang terbuat dari tepung tapioka/kanji ini adalah salah satu jajanan yang dapat kamu temukan dengan mudah. Adapun variasi isi cireng antara lain cireng isi pizza, cireng isi barbeque, cireng isi oncom, cireng isi keju, dan cireng isi kornet pedas. Sudah kenyal luarnya, enak juga isinya. Hmm.. Lezat bukan?

2. Tahu Gejrot

Photo credit: proleevo.files.wordpress.com

Tahu Gejrot adalah jajanan khas Cirebon. Seperti namannya, bahan utama yang digunakan adalah tahu. Tahu yang digoreng kemudian di potong kecil-kecil ini disajikan dengan bumbu berkuah yang dibuat dari kumpulan rempah-rempah seperti cabe, bawang merah dan gula. Jajanan ini pun biasa disajikan menggunakan coet kecil dan juga tusukan yang terbuat dari bumbu. Valentine’s Date ala Indonesia banget ga sih?

3. Klepon

Photo credit: Reseponline.info

Kalau mau makan klepon ini harus siap-siap tisu ya.. Karena ketika [deleted kamu] makan klepon, pasti kamu akan kaget dengan cipratan gula merah yang keluar ketika kamu menggigit jajanan yang satu ini. Cocok banget nih untuk ngedate di Hari Valentine bareng pacar karena akan menciptakan momen indah dan lucu ketika si pacar mulutnya blepetan dengan gula merah. Jangan lupa untuk foto ya! :D

4. Kue Cubit

Photo credit: Lidahbandung

Nah, pasti kalian semua tau dong tentang jajanan ini? Enaknya itu ketika kamu memesan kue cubit setengah mateng. Aduh… enaknya. Kamu dapat merasakan lelehan adonan kue cubit di mulut dan bisa bikin kamu ketagihan! Kue cubit juga lagi heboh sekarang dengan adanya penemuan kue cubit green tea yang berawal di Bandung. Tetapi jangan khawatir bagi kamu yang tinggal di Jakarta dan sektiarnya karena sekarang kue cubit green tea dapat ditemukan di Pondok Indah Mall dan juga Grand Indonesia.

5. Martabak

Martabak Keju

Photo credit: La-Lights

Martabak Telor

Photo credit: SoulOfJakarta

Siapa sih yang gak tau sama Martabak? Martabak ini ada dua jenis: Manis dan Asin. Martabak yang tergolong martabak manis banyak rupanya termasuk martabak coklat, keju, kacang, susu dan masih banyak lagi. Sedangkan martabak asin, yang paling dikenal adalah martabak telur. Martabak telur ini biasanya disajikan dengan saus yang encer seperti kuah yang sudah terdapat potongan cabe rawit, bawang merah dan acar di dalamnya. Jajanan ini cocok dijadikan santapan di siang maupun malam hari. Paling enak kalau dimakan anget-anget karena kamu bisa merasakan renyahnya martabak.

6. Bakpao

Photo credit: Smischinesestore

Bakpao ini awalnya berasal dari Tionghoa yang kemudian populer di Indonesia. Seperti cireng, bakpao juga memiliki variasi fillings (isian) berupa coklat, kacang merah, kacang hijau dan daging. Jika kamu membeli bakpao daging, pedagangnya pun akan memberikan saos untuk dimakan barengan dengan bakpao dagingnya. Rasakan empuknya bakpao dan fillings yang kamu dan pacar kamu ingingkan. Yummy!

7. Pempek

Photo credit: 4.bp.blogspot.com

Pempek yang paling dikenal enaknya adalah pempek Palembang. Namun, kamu juga dapat menemukannya di banyak tempat di Jakarta. Gak tau sih rasanya seenak pempek yang asli dari Palembang atau tidak, tetapi lumayan lah untuk menghilangkan rasa kepinginnya. Hehehe Bumbu kuah pempek ini terkenal dengan kepedasannya. Siap-siap bawa air putih yang banyak ya agar kamu dan pacar ga kepedasan.

8. Otak-otak

Photo credit: Fullandstarving

Ada beberapa orang yang mengira kalau otak-otak ini adalah makanan yang terbuat dari otak hewan, tapi tenang saja. Otak-otak terbuat dari ikan yang dicampur dengan tepung tapioka. Jajanan yang satu ini biasa disajikan didalam daun pisang bersama saus kacang. Kamu dapat menemukannya dimana saja dari pedagang gerobakan maupun pedagang sepeda.

9. Siomay

Photo credit: Resepresepmakanan.info

Seperti otak-otak, siomay juga terbuat dari ikan dan dicampur dengan tepung kanji. Siomay terinspirasi dari makanan Tionghoa yang disebut Shumai. Bentuknya pun serupa, akan tetapi siomay disajikan dengan saus kacang seperti otak-otak. 

10. Rujak

Photo credit: diastu.files.wordpress.com

Nah.. jajanan yang satu ini nih yang bikin kita kalap kepedasan. Selain murah, rujak juga bergizi loh karena terbuat dari berbagai macam buah-buahan yang kaya akan serat. Kalau pacar kamu agak males ketika kamu mengajaknya ngedate dengan makan rujak, bilang aja “Kan katanya kamu mau kurus… Mendingan makan rujak daripada makan coklat.” Hehehehe 

Previous Article
11 Jenis Dimsum Ciamik Menyambut Imlek
11 Jenis Dimsum Ciamik Menyambut Imlek

Menyambut Imlek yang kurang dari seminggu..yuk tengok apa aja sih jenis dimsum? Enak enak bangeeet :)

Next Article
Apakah kamu tahu bagaimana ‘chocolate-giving’ menjadi tradisi di Hari Valentine?
Apakah kamu tahu bagaimana ‘chocolate-giving’ menjadi tradisi di Hari Valentine?

Bagaimana 'Chocolate-giving' menjadi tradisi di Hari Valentine? Grivy mempunyai sejarahnya.

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More