Berburu Kuliner Unik Belitung

November 12, 2015 Elfida

Tak hanya pantai indah berbatu besar, Belitung juga menawarkan pengalaman kuliner tiada duanya. Nikmati hidangan yang memadukan makanan khas Sumatera dan Tionghoa yang akan memberi kenangan tak terlupa selama berlibur di sana!

 

Sumber: inovasipintar.com

Mie Belitung

Menggunakan mie kuning dengan bahan pelengkap seperti tauge, timun, kentang rebus, lalu disiram dengan kuah kaldu udang kental berwarna kecokelatan. Ditaburi emping dan bawang goreng, mie pun siap untuk disantap. Secara keseluruhan, mie belitung bercita rasa manis dan gurih karena di dalam kuah udang dicampurkan juga gula merah sebagai penambah rasa.

 

Sumber: belbangka.blogspot.com

Bakso Ikan Birai

Bakso satu ini tidak akan Anda jumpai di luar Pulau belitung karena tanpa penggunaan pengawet membuatnya hanya tahan sampai 3 hari. terbuat dari ikan birai atau ikan ekor kuning yang memang banyak dijumpai di Belitung. Tekstur bakso ikan birai lembut, ditambah kuah segar membuatnya menjadi hidangan yang... maknyus!

 

Sumber: atiqohhasan.com

Berego

Terbuat dari tepung beras dan sagu, dikukus, kemudian digulung seperti rolade, baru dipotong-potong. Sebelum dinikmati, makanan ini disiram dulu dengan kuah kari ikan. Tambahkan bawang goreng dan sambal sesuai selera Anda. Tekstur berego yang kenyal, dinikmati panas-panas dengan kuah lezat akan membuat Anda semakin jatuh cinta dengan aneka kuliner khas di Belitung. 

 

Sumber: kulinerbelitung.com

Sate Ikan

Tidak seperti sate yang kita kenal, yaitu daging ayam, kambing, juga sapi yang dipotong kecil-kecil, ditusuk dengan lidi, kemudian dibakar, sate ikan khas Belitung ini dimasak dengan cara dikukus. Menggunakan ikan tenggiri yang diolah dengan bahan lain, yaitu santan, telur, bumbu, dan ditambahkan irisan cabe sesuai selera, lalu daging dibungkus dalam daun simpor yang lebih banyak ditemukan di sini, alih-alih daun pisang. Nikmati daging ikan tenggiri yang gurih serta beraroma khas dan yang pasti, maknyus!

 

Sumber: kulinerbelitung.com

Gangan

Gangan adalah sup khas Belitung yang biasanya menggunakan kepala ikan laut. Namun, ada juga yang menggunakan daging rusa sebagai bahan bakunya. Ditambah potongan nanas membuat kuahnya terasa asam, pedas, dan segar. Bumbu gangan diulek kemudian langsung dimasukkan ke dalam air mendidih tanpa ditumis terlebih dulu. Sup ini berwarna kuning karena salah satu rempah utama yang digunakan adalah kunyit.  

 

Yuk, langsung terbang ke Belitung untuk menikmati makanan di atas

 

 

Previous Article
Pesan Nasi Kotak Dengan Harga Terjangkau di Sini
Pesan Nasi Kotak Dengan Harga Terjangkau di Sini

Sedang mencari nasi kotak yang enak dengan harga terjangkau untuk acara Anda? Cek di sini.

Next Article
Nge-Teh Cantik di Lewis & Caroll Tea
Nge-Teh Cantik di Lewis & Caroll Tea

Gali pengetahuan soal teh di tempat satu ini.

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More