Beberapa Makanan Indonesia yang Wajib Kamu Cicipi

July 6, 2015 Josefine Yaputri

1. Martabak Kari dari Palembang, Sumatera Selatan

Sumber: http://senjamoktika.com

Meski sedikit kurang populer, Martabak Kari adalah salah satu makanan khas Palembang yang cukup diminiati. Isi dari Martabak Kari ini sendiri adalah telur dan daging yang dilapisi oleh kulit martabak, lalu digoreng kering. Setelah itu, martabak yang sudah digoreng dan dipotong-potong kemudian disajikan dengan kuah kari yang biasanya berisi kentang dan potongan daging. Supaya lebih nikmat, makan Martabak Kari ini sebaiknya ditemani dengan irisan cabai yang bentuk kuahnya seperti kecap asin, tapi rasanya asam. Martabak Kari yang terkenal di Palembang adalah Martabak Har, tapi kamu juga bisa menemukan Martabak Kari di banyak tempat di Palembang.

2. Nasi Minyak dari Palembang, Sumatera Selatan

Sumber: http://senjamoktika.com

Nah, setelah kamu makan Martabak Kari di Palembang, kamu juga harus mencoba Nasi Minyak! Nasi Minyak ini agak mirip dengan Nasi Kebuli, tapi bedanya, Nasi Minyak dimasak dengan minyak samin dan susu sehingga menjadi lebih gurih. Biasanya, Nasi Minyak disajikan bareng dengan sambal nanas serta acar mentimun dan wortel. Selain itu, terkadang dimakan bersama gulai ayam atau rendang. Kamu juga bisa mencicipi Nasi Minyak yang terkadang disajikan bareng dengan Sate Pentol berisi daging ikan tenggiri yang agak mirip dengan Sate Lilit di Bali.

3. Bakso Ikan dari Pontianak, Kalimantan Barat

Sumber: http://senjamoktika.com

Bakso Ikan adalah salah satu menu wajib yang patut kamu coba di Pontianak. Biasanya kan, Bakso Ikan lebih sering disajikan sebagai menu prasmanan kondangan di Jakarta, tapi kalau di Pontianak, ada banyak tempat yang menjual Bakso Ikan. Dalam semangkuk menu Bakso Ikan, biasanya ada irisan sayur, bakso ikan rebus, bakso ikan goreng, dan telur yang tengahnya biasa diisi dengan daging ikan. Yang membuat Bakso Ikan ini lebih nikmat lagi adalah minyak bawang putih yang membuat kuah bakso menjadi lebih harum dan menggugah selera.

4. Kapurung dari Tana Toraja, Sulawesi Selatan

Sumber: http://senjamoktika.com

Di Tana Toraja, kamu juga wajib makan Kapurung! Banyak orang yang bilang kalau Kapurung ini mirip dengan Tinutuan atau Bubur Manado, tapi secara tampilan, Kapurung justru lebih mirip dengan Sup Asparagus. Kapurung sendiri berisi potongan jagung, suwiran ikan cakalang, dan serta kangkung di dalam kuah yang kental. Supaya rasanya lebih segar, lagi-lagi sebaiknya ditambah dengan perasan jeruk nipis. Dijjamin, lidah kamu pasti langsung bergoyang!

5. Tipat Tahu dari Bali

Sumber: http://senjamoktika.com

Sekilas, tampilan Tipat Tahu memang mirip dengan Ketoprak. Bedanya, Tipat Tahu ini tidak ada bihunnya. Selain itu, Tipat Tahu disajikan dengan irisan cabai rawit dan saus kacang yang jauh lebih kental dari saus kacang Ketoprak. Harga Tipat Tahu rata-rata juga murah, hanya 7 ribu rupiah! Sudah murah, enak pula!

Previous Article
4 Kafe High-End di Gandaria
4 Kafe High-End di Gandaria

Kafe High-End di Gandaria, Jakarta Selatan (Dekat Gandaria City). Dijamin pengalaman ngafe sangat asik dan ...

Next Article
Makna 5 Logo Produk Makanan Terkenal Dunia
Makna 5 Logo Produk Makanan Terkenal Dunia

Makna-makna yang mungkin tidak terpikirkan olehmu sebelumnya.

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More