Arang Putih untuk Hasil Panggangan Lebih Nikmat

August 25, 2015 Elfida

Sumber: www.bostongeneralstore.com

Merayakan pergantian tahun sampai kemeriahan HUT RI dengan barbecue party? Sepertinya sudah menjadi hal yang lumrah bagi masyarakat Indonesia. Pada dasarnya, makanan tradisional Indonesia memang banyak yang diolah dengan cara dibakar. Siapa yang tak kenal sate. Makanan ini bahkan sudah go international dan dicari-cari turis asing ketika berlibur ke Indonesia. Atau jagung bakar yang identik dengan kawasan Puncak, Jawa Barat.

Bahan bakar yang lazim dipakai untuk membakar makanan adalah arang. Dan tahukah Anda, kalau arang terbaik untuk itu datang dari Negara Jepang? Tepatnya dari Prefektur Wakayama yang disebut dengan bincho-tan alias arang putih. Kehebatan bincho-tan terletak pada kemampuannya menghasilkan temperatur rendah, sehingga kematangan makanan dihasilkan dari proses membakar yang lebih lama. Selain itu, bincho-tan tidak mengeluarkan asap dan bau-bau tak sedap lain yang dapat mempengaruhi kualitas makanan. Tak heran banyak chef Jepang yang mengidolakan jenis arang ini ketika membakar unagi dan ayam. Untuk gampang membedakan antara arang putih dan arang hitam ialah karakteristik fisiknya lebih keras dan akan menimbulkan bunyi “kling” kalau jatuh atau dibenturkan dengan benda keras lain.

Bincho-tan sendiri dibuat dari kayu ek, lebih tepatnya jenis ubame yang telah dinobatkan sebagai pohon resmi Prefektur Wakayama. Namun sekarang, semakin banyak produk arang putih yang diberi nama bincho-tan meski bukan berasal atau diproduksi di Jepang. Untuk itu, pemerintah Jepang telah melakukan langkah antisipasi dengan memberi nama khusus, yaitu kishu bincho-tan untuk arang putih buatan mereka.

 

Ingin menikmati makanan yang diolah dengan arang putih spesial ini?

Previous Article
5 Roti Terunik dari Seluruh Dunia
5 Roti Terunik dari Seluruh Dunia

Yuk, kenalan dengan roti terunik sedunia ini.

Next Article
Makanan Disulap Jadi Seni oleh 4 Food Artist Ini
Makanan Disulap Jadi Seni oleh 4 Food Artist Ini

Kenali seniman berikut yang mampu mengelevasi fungsi estetika dari makanan.

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More