Agar “Cheating Day” Nggak Mengobrak-abrik Diet Anda!

September 6, 2018 Chatarina Komala

Ilustrasi: www.thehealthyfish.com

Benarkah Anda perlu “cheating day” saat menjalani pola diet? Bagaimana caranya agar “cheating day” ini nggak merusak diet yang sudah susah-susah Anda jalani?

Bagi sebagian orang, cheating day kerap dipandang sebagai reward selepas menjalani pola diet ketat. Biasanya, cheating day berupa libur diet satu hari untuk makan sepuasnya; atau menjajal beberapa menu yang Anda suka. Adapun konsep cheating day ini memang menggiurkan. Sampai-sampai, bikin lupa kalau cheating day bisa saja berbahaya dan menggagalkan diet.

Sebenarnya, jika dilakukan dengan benar, cheating day bisa banyak bermanfaat dan mempercepat penurunan berat badan. Pasalnya, tubuh manusia tetap perlu memenuhi kebutuhan “hormon lapar”. Adapun sebuah penelitian yang dimuat dalam Journal of Consumer Psychology menemukan, cheating day penting untuk menahan godaan makan sekaligus menjaga motivasi diet seseorang.

 

Agar Cheating Day Nggak Menggagalkan Diet

Ilustrasi: www.pritikin.com 

Supaya cheating day nggak keluar jalur, ada beberapa aturan yang harus Anda terapkan. Pertama, yang lebih penting adalah perencanaan. Kathleen Alleaume, seorang ahli nutrisi dan kebugaran asal Australia mengungkapkan, ketimbang menjadikan cheating day sebagai “undangan” untuk makan sepuasnya, ada baiknya Anda melihatnya sebagai kesempatan untuk lebih relaks saat makan malam.

Selain itu, meski berjudul “makan sepuasnya”, jangan sampai Anda mengonsumsi makanan dengan porsi melebihi batas. Misalnya, kalau pengin makan es krim, tidak perlu membeli segelas besar, melainkan hanya makan satu scoop saja. Hal yang sama berlaku untuk makanan berat. Untuk menyiasatinya, selalu gunakan piring kecil saat makan untuk membantu mengontrol porsi.

Adapun sebelum cheating day tiba, ada baiknya Anda sudah tahu makanan apa yang ingin Anda santap. Jadi, ketika hari itu tiba, Anda tidak kalap, lalu membeli dan makan apa saja. Namun, jika tidak yakin bisa menahan diri, jangan dulu menyimpan makanan dengan kandungan gula tinggi atau tidak sehat di kulkas.

Nah, hal yang tidak kalah penting, selalu terapkan cheating day setelah beberapa minggu diet, ya. Anda bisa mencobanya setelah enam minggu berdiet atau sekiranya saat motivasi berdiet turun.

Previous Article
Minum Kopi Susu Kekinian, Enaknya di Sini!
Minum Kopi Susu Kekinian, Enaknya di Sini!

Di cuaca yang terik, paling enak minum yang segar-segar. Apalagi, kalau minuman tersebut berjenis kopi yang...

Next Article
Yuk, Coba Menu Diet Mayo Praktis Ini!
Yuk, Coba Menu Diet Mayo Praktis Ini!

Diet mayo memiliki banyak peminat lantaran mampu mengurangi banyak bobot tubuh dalam waktu singkat. Penasar...

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More