7 Kota Penghasil Kopi Terbaik di Sumatera

December 3, 2015 Elfida

Sumber: kopiluwak01.blogspot.com

Kopi lokal Indonesia tak (pernah) kalah kualitasnya dari kopi bangsa lain. Bahkan, sudah diakui posisinya sebagai salah satu kopi terenak di dunia. Berikut beberapa tempat di Sumatera yang merupakan penghasil kopi terbaik tersebut.

Kopi Lampung

Provinsi Lampung adalah daerah penghasil kopi terbesar di Indonesia. Khususnya di Liwa, Kabupaten Lampung Barat yang lantas dijadikan contoh perkebunan terbaik baik di Provinsi Lampung maupun nasional dalam hal peningkatan produksi dan mutu kopi. Kopi yang dihasilkan adalah robusta dengan rasa beragam tergantung letak geografis dan pada akhirnya menjadi keuntungan tersendiri bagi kualitas kopi. Memasuki Liwa, aura kopi sudah terasa salah satunya dari warung kopi yang bertebaran di berbagai sudut kota. Produk kopi paling keren dari sini konon adalah kopi beraroma ginseng dan pinang. Sementara dari lokasi perkebunan di Danau Ranau, kopi yang terkenal adalah kopi luwak.

Kopi Lahat

Tanaman kopi hampir dapat dijumpai di seluruh area Kota Lahat, Sumatera Selatan dan menjadi sumber perekonomian penting sejak zaman dulu. Minum kopi di kota ini pun seolah menjadi sebuah budaya, di mana warung kopi merupakan sentra untuk bertukar obrolan seputar topik yang sedang hangat dan pada akhirnya menambah kawan baru. Tak hanya itu, di warung kopi Anda juga bisa menyaksikan cara meracik segelas kopi yang dilakukan oleh penjual. Sayangnya, banyaknya produksi kopi tak diiringi dengan sarana pengolahan yang baik sehingga serngnya biji kopi dari Lahat dikirim ke kota sekitar untuk diolah lebih lanjut.

Kopi Pagar Alam

Salah satu pusat kopi terkenal di Pagaralam berada di kaki Gunung Dempo. Anda akan menemukan hamparan kebun kopi di lereng dan lembahnya sepanjang mata memandang. Aroma kopi khas pun menyerbu indera penciuman di area ini. Menikmati kopi asli Pagar Alam, Sumatera Selatan di tengah udara sejuk tentu menambah kenikmatan tersendiri. Namun sayangnya, karena pengelolaan yang kurang maksimal membuat biji-biji kopi yang dihasilkan di Pagar Alam banyak yang dikirim ke Lampung untuk diproses lebih lanjut.

Kopi Empat Lawang

Empat Lawang adalah kabupaten termuda di Sumatera Selatan, hasil pemekaran Kabupaten Lahat. Kopi pun menjadi komoditi utama daerah ini, bahkan kawo–sebutan kopi dalam bahasa daerah–menjadi lambang kabupaten tersebut dan lebih jauh dengan motif batik berlatar kopi yang dibuat oleh pemerintah daerahnya. Dukungan pemerintah daerah masih terus mengalir dengan mendirikan gedung khusus kopi di beberapa wilayah yang ternyata mendorong kreativitas masyarakat setempat, dengan menciptakan aneka kerajinan berbasis kopi. Jenis kopi di sini sedikit berbeda dengan di tempat lain karena merupakan persilangan Arabika dan Robusta.

Kopi Mandailing

Dalam sejarah kopi Indonesia, daerah yang pertama kali ditanami kopi Arabica adalah Desa Pakantan, Mandailing Natal. Tak heran bila kemudian Mandailing Natal menjadi daerah penghasil kopi Arabica yang terkenal berkualitas. Di Desa Sambang Banyak Jae Ulu Pungud, banyak sekali kebun kopi yang sudah berumur puluhan bahkan ratusan tahun yang diyakini memiliki hubungan dengan sejarah tadi.

Kopi Sidikalang

Sidikalang merupakan ibukota Kabupaten Dairi di barat laut Sumatera Utara. Berada di ketinggian 1.066 mdpl berpadu dengan tanah subur menjadikan Sidikalang daerah yang sangat baik untuk menanam kopi. Karena kualitasnya, kopi dari daerah ini mampu bersaing dengan kopi-kopi terbaik dunia, sebut saja Brazil. Hal itu karena rasa kopinya yang mantap. Namun kabarnya, karena perbedaan harga jual Robusta dan Arabika yang cukup jauh membuat produktivitas kopi Robusta di daerah tersebut semakin menurun. Banyak petani beralih menanam kopi Arabica yang lebih mudah pemeliharaan juga proses pengolahannya.

Kopi Takengon

Sementara itu, Takengon terkenal sebagai tempat penyemaian kopi pertama di Pulau Sumatera. Kondisi geografis berupa rangkaian bukit, tanah subur, dan curah hujan yang lumayan tinggi menjadi kelebihan tersendiri bagi tanaman kopi. Kopinya lebih dikenal dengan sebutan Kopi Gayo, kopi jenis Arabica dengan cita rasa khas yang sudah terkenal sampai ke dunia. Namun saat ini, kopi jenis Robusta pun sudah banyak dikembangkan. Terlepas dari kabar campuran ganja pada kopi Aceh, aroma kopinya yang harum dan rasa gurih khas tidak begitu pahit membuat penggemar kopi mudah jatuh hati pada kopi Gayo ini. 

 

Mau beli kopi terbaik dari berbagai daerah di Indonesia? Ke sini, yuk

Previous Article
Kedai Kopi Baru di Tangerang Yang Harus Anda Coba
Kedai Kopi Baru di Tangerang Yang Harus Anda Coba

Kini, tak perlu jauh-jauh ke Jakarta untuk menemukan kopi terbaik di tempat ternyaman.

Next Article
Makanan Pengurang Rasa Sakit
Makanan Pengurang Rasa Sakit

5 jenis bahan makanan alami berikut dapat mengurangi rasa sakit yang dirasakan tubuh Anda.

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More