6 Makanan dalam "Aruna dan Lidahnya" Ini Dijamin Bikin Anda Pengin!

October 8, 2018 Chatarina Komala

Kalau sudah nonton film “Aruna dan Lidahnya”, Anda pasti familier dengan beberapa makanan dan ceritanya yang diangkat secara apik.

Anda penyuka kuliner Nusantara? Kalau ya, jangan lewatkan film yang satu ini. Bercerita tentang perjalanan pasangan kekasih dan sahabat, Aruna dan Lidahnya menampilkan beragam kuliner Nusantara yang bikin ngiler. Nah, kalau penasaran--berikut adalah enam makanan dalam film yang diangkat dari novel karangan Laksmi Pamuntjak yang berjudul sama. Siap-siap lapar!

 

1. Nasi Goreng

Ilustrasi: www.youtube.com

Nasi goreng menjadi satu menu yang dicari Aruna (tokoh utama) hingga ke Kota Pontianak. Wajar saja, makanan Nusantara ini bahkan sudah terkenal kelezatannya di seluruh dunia. Kalau pengin ikut membayangkan cita rasa nasi goreng a la Mbok Sawal, yuk, segera nonton. Kabarnya, terkait film ini, pihak bioskop juga menyediakan menu Nasi Goreng Aruna, lho.

 

2. Soto Lamongan

Ilustrasi: www.hanamirakitchen.blogspot.com

Kenikmatan soto Lamongan digambarkan dengan begitu detail oleh Pak Musa, karakter pasien yang dikunjungi Aruna dan Farish di rumah sakit. Penonton diajak ikut membayangkan betapa nikmatnya kombinasi suwiran ayam, telur rebus, koya, hingga perasan jeruk nipis. Wah, dijamin super ngiler, deh!

 

3. Rawon

Ilustrasi:www.sajian-rb95.blogspot.com

Hidangan khas Jawa Timur ini jadi menu pertama begitu Aruna dan Bono (Nicholas Saputra) sampai di destinasi pertama. Tidak lama, menyusul mereka datang Farish (Oka Antara) dan Nadezhda (Hannah Al Rashid) yang langsung menyantap menu yang sama. Adapun kombinasi kuah kluwek, iga, kecambah, dan sambal bikin seporsi rawon jadi menggugah selera.

 

4. Campur Lorjuk

Ilustrasi: www.travelingyuk.com

Campur Lorjuk adalah hidangan yang dinikmati oleh Aruna dan kawan-kawannya ketika menyeberang ke Madura. Hidangan ini begitu khas, karena lorjuk (kerang laut atau kerang bambu) hanya ditemukan di tepian pesisir Madura. Nah, sebagai pelengkap, makanan yang mirip seperti soto ini terdiri atas lontong, kacang, kecambah, remahan peyek, bumbu petis, dan lorjuk.

 

5. Pengkang

Ilustrasi: www.wisatapontianak.com

Dari segi tampilan, kuliner autentik Kalimantan Barat ini mirip seperti lemper. Hanya saja, isiannya adalah ebi dan biasa disantap dengan sambal kepah (kerang). Dibungkus dengan daun pisang dan dimasak dengan cara dibakar dijamin aroma pengkang segera bikin perut keroncongan.

 

6. Choi Pan

Ilustrasi: www.craftlog.com

Camilan satu ini cocok banget disantap sembari mengobrol ringan. Pun itu sebabnya, menu choi pan hadir dalam adegan ngobrol Aruna dengan Faris. Bentuknya sendiri mirip seperti siomay, tetapi berisi sayuran. Nah, agar semakin lengkap, choi pan paling enak dinikmati bareng sambal pedas gurih yang terbuat dari cabai serta bawang putih.

Previous Article
Di Tangan Si Kreatif, Makanan Pun Bisa Jadi Karya Seni yang Mengagumkan!
Di Tangan Si Kreatif, Makanan Pun Bisa Jadi Karya Seni yang Mengagumkan!

Dalam seni, tidak ada batasan yang bisa menghalangi seorang kreator. Buktinya, ada banyak hal yang bisa dij...

Next Article
Ini yang Terjadi Kalau Anda Berhenti Makan Fast Food
Ini yang Terjadi Kalau Anda Berhenti Makan Fast Food

Pernah nggak membayangkan, apa yang sebetulnya terjadi kalau Anda betul-betul berhenti makan fast food?

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More