5 Street Food Klasik Jepang

September 10, 2015 Elfida

Faktanya, ada lebih dari 100.000 festival di Jepang dalam setahun. Dan atraksi paling ramai diburu dari festival-festival tersebut adalah penjual makanan. Faktanya lagi, banyak daerah di Jepang yang justru tidak banyak memiliki makanan pinggir jalan, atau yang biasa disebut yatai. Kecuali, wilayah-wilayah yang memang terkenal justru karena penjual makanan pinggir jalan ini, macam Nakasu di Fukuoka. Tak heran, makanan pinggir jalan dari Jepang jarang sekali atau bukanlah menu yang lazim dijumpai di restoran. Atau kalaupun ada, diolah dengan rasa yang sedikit berbeda. Makanan pinggir jalan Jepang memiliki karakteristik sedikit lebih asin ketimbang makanan di restoran.

Mau tahu makanan pinggir jalan paling klasik dari Jepang?

Sumber: www.flickr.com

1. Okonomiyaki

Pancake gurih a la Jepang dengan bahan dasar utama telur dan tepung terigu. Isinya bisa bermacam-macam, sayuran maupun daging. Okonomiyaki yang disiapkan di rumah umumnya untuk menghabiskan bahan makanan yang tersisa di kulkas.

 

Sumber: www.flickr.com

2. Takoyaki

Bahan utama yang harus ada di dalam takoyaki adalah gurita. Selain itu, takoyaki yang berbentuk bulat ini juga berisi daun bawang, jahe, sampai potongan tempura. Dimakan dengan topping saus khusus takoyaki, mayones, dan katsuoboshi atau serpihan kering dari ikan menambah gurih makanan jalanan yang digemari berbagai kalangan.

 

Sumber: www.flickr.com

3. Taiyaki

Berbeda dengan takoyaki, taiyaki adalah pancake manis yang diisi dengan kacang merah. Sekarang, kita juga dapat menjumpai taiyaki yang diisi custard sampai nutella, bahkan yang gurih seperti keju pun ada. Berbentuk seperti ikan membuat camilan ini tampil menawan.

 

Sumber: www.wikimedia.org

4. Yaki Soba

Kalau dilihat sekilas, Yaki Soba mirip dengan mie goreng. Terbuat dari ramen kecil yang digoreng dengan saus kental dan berasa manis, ditambah aneka sayuran seperti wortel dan kubis, juga daging baik ayam maupun sapi. Kemudian, di atasnya ditaburi rumput laut atau ikan kering. Hmm, lezatnya... Cocok sebagai kudapan ataupun menu santap berat. 

 

Sumber: www.totorobaga.com

5. Yaki Imo

Ubi manis yang dibakar di atas kayu ini merupakan jajanan yang sering dijumpai dan menjadi favorit terutama di musim dingin. Biasanya, penjual yaki imo akan berkeliling dan meneriakkan "Yaki imooo..." lewat pengeras suara. Hal ini membangkitkan kenangan zaman dulu bagi sebagian warga Jepang.

 

Mau merasakan jajanan Jepang klasik di atas? Ada di sini...

 

Previous Article
Fine Dining Murah di Jakarta
Fine Dining Murah di Jakarta

Mau merasakan pengalaman fine dining murah di Jakarta? Di sini tempatnya.

Next Article
Makan di Happy Chappy Bikin Happy
Makan di Happy Chappy Bikin Happy

Kalau ke Bali, makan di sini dijamin happy.

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More