5 Makanan Korea yang COCOK Dengan Lidah Orang Indonesia

July 10, 2015 Rizka Hidayat

1. Bulgogi

Photo credit: www.dishmaps.com

Selain Kimchi, terdapat Bulgogi yang merupakan salah satu jenis makanan Korea yang populer di Indonesia. Tetapi, tidak seperti kimchi yang dicap terlalu asam untuk lidah orang Indonesia, Bulgogi justru dinilai lebih positif dalam hal kelezatan dan kecocokkan rasa oleh orang Indonesia.

Bulgogi adalah masakan daging, biasanya daging sirloin atau bagian daging sapi dengan tekstur yang kenyal dan bagus, asal Korea. Yang bikin hidangan ini diterima oleh orang Indonesia adalah kemiripan rasa yang terdapat pada Bulgogi dan beberapa rasa hidangan khas Indonesia. Bahan dasar untuk membuat bumbu bulgogi adalah kecap asin dan gula. Rasa yang familiar, bukan? Iya, kita dapat merasakan rasa yang mirip pada hidangan Indonesia yaitu 'Semur'.

 

2. Dakkochi

Photo credit: willsononline.com

Bisa tebak makanan Indonesia yang mana yang mirip dengan makanan Korea yang bernama Dakkochi ini? Iya, itu adalah sate. Dakkochi adalah potongan ayam yang ditancapkan pada kayu dan kemudian dimasak ala barbeque style sambil diolesi saus manis ketika dipanggang. Tampak mirip namun tak sama, Dakkochi memiliki ukuran potongan ayam yang sedikit lebih besar jika dibandingkan dengan sate ayam khas Indonesia. Di Korea, hidangan ini dapat kamu temukan dan nikmati dideretan jajanan atau yang kerap disebut dengan julukan 'street food' dengan harga yang cukup terjangkau yaitu sekitar 1,000 Won/porsi.


3. Tteokbokki

Photo credit: www.maangchi.com

Tteokbokki adalah jajanan favorit orang lokal Korea selain Kimbap yang merupakan makanan yang mirip dengan makanan khas Jepang yaitu Sushi. Tteokbokki yang pendeknya disebut 'tteok' berbentuk batang. Tteokbokki atau 'rice cake' terbuat dari tepung beras yang dimasak dengan bumbu gochujang, bumbu khas Korea dengan rasa pedas-manis dan sering kali dimasukkan kedalam berbagai bentuk hidangan khas Korea. Kalau masalah rasa pedas-manis, tentu orang Indonesia sangat mengenalinya karena terdapat pada berbagai macam hidangan Indonesia seperti Tempe Orek, Ayam Pedas Manis, dan masih banyak lagi.


4. Bibimbap

Photo credit: commons.wikimedia.org

Kalau hidangan yang satu ini merupakan hidangan yang identik dengan budaya khas Korea. Kata Bibimbap berarti "nasi campur" yang memang cara makannya pun serupa. Jadi, tersedia nasi, sayur-sayuran tumis, telur, soy sauce, dan gochujang (lagi-lagi sauce favorit orang Korea) di dalam sebuah mangkuk. Kemudian, cara memakan hidangan ini adalah dengan mengaduk rata nasi, sayur-sayuran, telur, dan saus yang ada hingga seperti nasi campur. Terlihat aneh, memang. Namun, rasanya sangat TOP dan dijamin orang Indonesia akan ketagihan dengan hidangan khas Korea yang satu ini. Karena kelezatannya, Bibimbap mendapatkan urutan ke-40 dalam list World's 50 Most Delicious Foods yang merupakan sebuah petisi yang diadakan oleh CNN Travel.


5. Japchae

Photo credit: team-yellow.com

Dari namanya saja kita sudah dapat menebak bahwa Japchae ini adalah Capcay dalam Bahasa Indonesia. Serupa denga Capcay khas Indonesia, Japchae terbuat dari mie yang ditumis bersamaan dengan minyak wijen dan sayur-sayuran seperti wortel, bawang merah, jamur, dan lain-lain. Terkadang, Japchae pun dimaskak dan disajikan dengan daging cincang yang dibuat dengan soy sauce dan gula sehingga memberikan rasa tambahan manis-asin.

Japchae memiliki beberapa variasi yang dinamakan berbeda-beda sesuai dengan bahan pokok masakan yang digunakan untuk menghasilkan Japchae tersebut. Seperti Haemul Japchae misalnya, adalah Japchae yang terbuat dari sayur-sayuran dan makanan laut atau seafood.

 

Ingin makan masakan khas Korea seperti di atas dengan harga murah?

Previous Article
5 Martabak ENAK yang Nge-HITS
5 Martabak ENAK yang Nge-HITS

Sedang mencari tempat martabak yang enak dan unik? Coba mampir ke salah satu toko martabak yang lezat dan y...

Next Article
Tempat Kue Cubit Nge-HITS
Tempat Kue Cubit Nge-HITS

Bingung mau nyari kue cubit di mana? Coba mampir ke beberapa tempat kue cubit yang sedang nge-hits ini!

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More