5 Langkah Yang Harus Diingat Sebelum Menyeduh Sendiri Kopi Anda

August 26, 2015 Elfida

Sumber: www.grivy.com

1. Kesegaran

Ingat bahwa biji kopi masih enak hanya sampai 2 minggu saja setelah dipanggang. Pertimbangkan baik-baik jumlah biji kopi yang ingin Anda beli.

2. Temukan Mesin Penggiling Yang Baik

Terdapat 2 jenis mesin penggiling, yaitu burr dan blade. Apa bedanya? Blade adalah mesin paling ekonomis dan mudah digunakan. Ukuran praktis juga menjadi alasan mengapa banyak orang lebih memilih mesin ini. Blade menggunakan mata pisau lurus. Kelemahannya, ukuran gilingan akhir tidak begitu presisi sehingga dapat mengubah rasa kopi itu sendiri. Sementara burr menggunakan mata pisau bergerigi sehingga keakuratan lebih terjaga. Burr juga sama sekali tidak memiliki kelemahan lain yang dimiliki blade, yaitu mata pisau mudah menjadi panas dan pada akhirnya kembali mengubah cita rasa kopi. Lebih seru lagi, burr dilengkapi dengan pengaturan untuk hasil gilingan yang diinginkan, mulai dari fine sampai coarse. Namun, mesin ini menuntut Anda untuk paham betul mengenai segala pakem cara pakainya.

3. Wadah Penyimpanan

Seperti halnya minyak zaitun, terekspos langsung oleh sinar matahari dapat menurunkan kualitas kopi. Tempat penyimpanan terbaik untuk kopi adalah wadah dengan segel sangat rapat dari bahan gelas berwarna pekat atau keramik.

4. Siram semua peralatan yang dibutuhkan di mesin brew Anda dengan air panas untuk menjaga temperaturnya, sebelum mulai. Begitu juga dengan cangkir yang akan dipakai. Jika Anda menggunakan kertas penyaring saat brew, tuang air panas terlebih dahulu di atasnya.

5. Pastikan Ukuran

1 sendok teh biji kopi Perancis tidak sama dengan 1 sendok teh biji kopi Aceh, misalnya. Jadi, pastikan Anda mengenali jenis kopi yang sedang dibuat termasuk ukuran penyajiannya.

 

Nikmati kopi pilhan Grivy di sini

Previous Article
Burger Berpenampilan Metal Yang Dapat Membuat Hati Luluh
Burger Berpenampilan Metal Yang Dapat Membuat Hati Luluh

Warnanya boleh sangar, tapi rasanya membuat berdebar!

Next Article
Mungkin Anda Ingin Mengantongi Garam Ke Mana Pun Setelah Membaca Ini
Mungkin Anda Ingin Mengantongi Garam Ke Mana Pun Setelah Membaca Ini

Garam untuk sweet dessert Anda?

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More