3 Olahan Cabe Yang Menggoyang Lidah

September 9, 2015 Elfida

Sumber: www.partial-ingredients.com

Makan tanpa ada rasa pedas, mungkin ibarat makan tanpa garam bagi sebagian lidah orang Indonesia. Meski sekarang harga cabe sedang melambung, namun bahan makanan satu ini tetap diusahakan untuk terhidang di atas meja makan sebagai pelengkap makanan utama. Bahkan tak cukup sampai di situ, olahan cabe sekarang marak bermunculan sehingga kita bisa menikmati rasa pedas lewat berbagai bentuk.

1. Sambal

Olahan cabe satu ini tentunya sudah tak asing lagi. Selalu terhidang di atas meja makan kita. Beberapa daerah di Indonesia memiliki jenis sambal yang sudah go public, diterima oleh masyarakat Indonesia. Sebut saja sambal matah dari Bali, sambal dabu-dabu dari Manado, dan sambal Andaliman dari Medan. Namun tahukah Anda, kalau Bali juga memiliki jenis sambal lain yang tak kalah menggoda dibanding sambal matah? Namanya sambal serai. Sesuai namanya, sambal ini menggunakan serai yang dirajang sebagai salah satu bahan. Setelah cabe dan bahan lain yang sudah dihaluskan ditumis, masukkan rajangan serai dan masak sebentar sampai agak melunak. Nikmati sambal serai pertama Anda di sini.

2. Abon

Jangan salah, abon cabe ini benar-benar terbuat dari cabe, lho. Tanpa tambahan daging seperti abon yang sudah biasa kita kenal. Caranya, cabe rawit atau jenis lain sesuai selera dimasak di oven sampai kering, kemudian dihaluskan (jangan terlalu halus) dan dimasak bersama bumbu lainnya. Untuk variasi rasa, bisa juga ditambahkan udang ebi, ikan teri, terasi, dan macam-macam lagi. Bagi Anda yang ingin serba praktis, abon cabe bisa dibeli di sini.

3. Acar

Jenis cabe yang sering diolah menjadi acar adalah rawit hijau dan merah. Pedas dan rasa asam yang berpadu membuat makanan pelengkap ini memiliki rasa eksotis nan menggoda. Simpan di dalam botol kaca, acar cabe dapat dikonsumsi hingga 3 bulan berikutnya.

 

 


 

Previous Article
Pudding of the Month: Caramel Pudding dari Yummy Pudding
Pudding of the Month: Caramel Pudding dari Yummy Pudding

Puding lembut ini mudah dibawa ke mana saja.

Next Article
Makanan Buat Otak
Makanan Buat Otak

5 jenis makanan ini akan menghindarkan Anda dari kepikunan.

Curious about what we do?

Visit our website to find out more!

Learn More